Selasa, 08 Mei 2012

GAMES : ANDROID LEBIH MURAH DARI APPLE


Saat ini game bisa dibilang sebagai salah satu fitur penting yang harus ada di dalam ponsel, khususnya smartphone. Hal ini karena ponsel tak lagi sebagai perangkat komunikasi semata, namun lebih dari itu. Bisa sebagai gadget multimedia, sekaligus perangkat gaming portabel.

Banyak platform mobile mendukung fitur game ini, tak terkecuali pada iOS (Apple) dan Android. Nah, ada informasi menarik terkait perilaku gamer, dimana menyebut para penikmat game (gamer) lebih banyak membelanjakan uang untuk game di platform iOS ketimbang Android.

Berdasarkan penelitian dari Newzoo, yakni perusahaan riset yang fokus dalam game, memperlihatkan bahwa gamer di Amerika mengeluarkan uang lima kali lebih banyak untuk game iOS dibanding di Android. Klaim tersebut didasarkan perbandingan antara pendapatan dan download data dari 200 game terlaris, yang sekaligus dikombinasikan dengan hasil survei dari 17.000 responden gamer.

Dari data angka yang dikumpulkan, perangkat iOS secara keseluruhan memperoleh 84% dari pendapatan seluler. Hal ini dengan membandingkan iTunes App Store dan Google Play (Android Market).

Telah diamati bahwa 19% orang Amerika menggunakan ponsel biasa untuk bermain game, sedangkan sisanya bermain menggunakan smartphone dan tablet. Untuk hal ini, di Prancis berjumlah 34%.

Newzoo meprediksi bahwa model bisnis iTunes Apple, yang mengharuskan pengguna memiliki akun download dengan kombinasi kartu kredit dapat membantu meningkatkan pendapatan Game di iOS. Menurut Peter Warman, CEO Newzoo, pihaknya belum bisa membayangkan bilamana langkah tersebut ikut dijalankan oleh Google dan Microsoft.

Selain hal itu, ternyata ada pernyataan dari beberapa pengembang (developer) game/aplikasi dimana mereka menghindari platform mobile Google karena kesulitan dalam mempertahankan pengalaman yang konsisten kepada pengguna akan aplikasinya di berbagai macam konfigurasi perangkat Android. Seperti diketahui, update platform Android berjalan begitu cepat, dimana dari Froyo sampai Ice Cream Sandwich hanya dalam tempo yang cukup singkat, dengan sistem yang berbeda.

Sementara platform Apple sebaliknya, hanya mencakup sejumlah perangkat saja yang memerlukan optimalisasi, untuk menghadirkan pengalaman gaming yang memuaskan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls