Minggu, 15 Juni 2014

ATURAN ATAU ETIKA PARA PEDAGANG SAYUR

Seseorang yang berjualan sayur mayur, membantu kita untuk memperoleh sayuran, serta sebagai rantai atau penyalur dari petani sayur ke konsumen, mereka disebut pedagang sayur. Tentu saja dalam berdagang sayur diperlukan aturan aturan atau etika pada saat mereka mengambil sayuran, memeriksa sayuran, serta menjual sayuran tersebut kepada konsumen. Sehingga sayuran tetap terjaga kualitasnya. Berikut merupakan beberapa aturan atau etika para tukang sayur dalam berjualan.

 1. pedagang sayur wajib mengambil sayuran dari penyalur ataupun petani sayuran langsung yang memiliki kualitas sayuran yang baik, tanpa adanya zat kimia apapun sehingga sayuran yang dimakan oleh konsumen memberikan zat zat positif bagi tubuh manusia.

2. setelah memeriksa asal dari sayur tersebut, para penjual sayur diharuskan memeriksa sayur setelah dikirim. tidak boleh di perjual belikan sayur yang sudah tidak layak lagi seperti layu ataupun busuk.

3. berbicara soal harga, para pedagang sayur memiliki aturan yang telah disepakati bahwa terdapat harga maksimal untuk penjualan sayur tersebut

4. para pedagang sayur diwajibkan ramah terhadap setiap konsumen yang ingin membeli sayuran dagangannya.

5. diperkenankan dalam satu pasar terdapat penjual sayuran lebih dari satu, tetapi letak dari lapak dagangannya diatur semaksimal mungkin seperti berjauhan.

6. pedagang sayur dilarang berjualan pada tempat tempat yang dilarang oleh pemerintah, dan diperbolehkan pedagang sayur untuk mendatangi konsumen seperti pedagang sayur keliling yang menggunakan motor maupun gerobak.

dengan adanya aturan atau etika dalam berdagang sayur diharapkan sayur yang dijual tetap terjaga kualitasnya. sehingga konsumenpun senang dan para pedagang sayur mendapatkan keuntungan yang maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls