Senin, 16 Januari 2012

tugas tulisan 4


4. Perkembangan usaha-usaha dari VMKM yang maju dan bahkan mengeksport
Bakso Malang Kota "Cak Eko" The Winner Indonesia Franchise Start Up 2009
Tepat pada tanggal 28 Oktober 2009 di hari sumpah pemuda pada pukul 22.00 WIB bertempat di Hotel Gran Melia Bakso Malang Kota "Cak Eko dinobatkan sebagai : THE WINNER INDONESIA FRANCHISE START UP 2009.
Penghargaan ini tiap tahun rutin diadakan oleh Majalah Info Franchise dan Asosiasi Franchise Indonesia.
Pada tahun 2008 Bakso Malang Kota "Cak Eko" menyabet penghargaan The Best In Business Prospect Indonesia Franchise Start Up dan di tahun 2009 ini berdasarkan penilaian dari tim juri maka Bakso Malang Kota "Cak Eko" menyabet penghargaan sebagai The Winner Indonesia Franchise Start Up 2009 setelah menyisihkan berbagai merek franchise di Indonesia.
Tentunya keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras tim manajemen Bakso Malang Kota "Cak Eko" untuk bahu membahu memperbaiki kinerjanya dari tahun ke tahun.
Semoga dengan penghargaan ini dapat makin memacu semangat tim manajemen makin bekerja keras untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen dan mitra.

Aneka Bisnis UMKM yang Berorientasi Ekspor :
Banyak sekali contoh bisnis yang berhasil merambah pasar internasional. Produk dari UMKM, seperti produk craft, yang mencerminakan lokalitas biasanya disukai pasar luar negeri. Berikut ini contoh-contoh bisnis yang memiliki prospek menembus pasar ekspor
1. Furniture Reproduksi
Bisnis Furniture tidak akan pernah surut karena furniture merupakan salah satu kebutuhan utama untuk mengisi rumah hunian. Bisnis furniture reproduksi adalah usaha membuat mebel bergaya antik atau klasik art deco dengan kayu bekas sebagai bahan baku utamanya. Bahan kayu ini biasanya diambil dari bongkaran rumah tua dan tiang listrik peninggalan Belanda yang dulu memakai kayu ulin dari Kalimantan.
Di Yogyakarta, banyak sekali sentra produksi mebel reproduksi dan rata-rata mereka sudah berhasil menembus pasar Eropa dan Amerika yang terkenal selektif akan kualitas produk. Kunci sukses agar menembus pasa internasional adalah mereka bekerja sama dengan pemilik show room atau art shop di Bali untuk sekadar mendisplay barangnya disana.
Perlu anda ketahui bahwa Bali merupakan pintu utama untuk mengenalkan produk lokal ke asing. Bali adalah pusat pariwisata yang banyak dikunjungi oleh orang asing. Ikutilah segala acara pameran produk lokal yang diselenggarakan oleh pemerintah dan swasta.
2. Olahan Hasil Laut dan Fish Processing
Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki potensi produk laut yang belum digarap maksimal. Hasil laut, seperti ikan tuna, cakalang, dan lobster, merupakan komoditi ekspor andalan selain migas. Ada beberapa pengusaha UMKM yang berhasil mengekspor produk olahan laut, seperti filet tuna dan udang beku, ke pasar Jepang dan Korea. Kedua negara ini merupakan konsumen utama bagi produk laut Indonesia.
Kunci sukses agar dapat mengekspor hasil laut ke Jepang dan Korea, yakni higenis produk harus terjamin, sanitasi kebersihan pabrik benar-benar harus dijaga kebersihannya. Selain harus memperhatikan kesegaran produk, sarana angkutan dari pabrik menuju bandara harus lancar. Untuk mendapatkan semua itu, Anda harus mendaftarkan produk anda ke badan POM untuk diteliti kandungan gizinya. Setelah itu, anda akan mendapatkan sertifikat produk.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls