Muhammad Imam Malendry
14110731
3ka32
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi
yang berbeda yang dapat digunakan untuk
menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana.
OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 dan secara luas digunakan dalam CAD, realitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium nirlaba yaitu Khronos Group.
langkah awal menggunakan OpenGL, kita
membutuhkan
suatu konsep interface dalam implementasinya. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan membuat window-based OpenGL. Untuk
dapat membuat konsep windowing pada OpenGL, kita memerlukan tool
tertentu. Kali ini saya akan menjelaskan pembuatan gambar sederhana
yaitu gambar garis vertikal, horizontal, dan diagonal dengan Dev C++
sebagai IDE-nya.
.garis Horizontal
glClearColor untuk membuat warna latar belakang
glClear untuk membersihkan layar
glBegin(GL_POINTS); Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(0.0,0.9,0.0); Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.0,0.1,0.0); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glBegin(GL_POINTS); Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(0.0,0.9,0.0); Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.0,0.1,0.0); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glPopMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); //Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}
Sleep (1);
}
}
gambar diatas merupakan hasil output dengan codingan opengl yang telah saya berikan gambarnya..
Setelah coding dibuat kita tinggal tekan
F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar
dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertical.
Garis Vertical
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Untuk membersihkan layar latar belakang.
glPointSize(3.0); Menentukan ukuran titik.
glPushMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glPushMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glBegin(GL_POINTS); Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(0.9, 0.0, 0.0); Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.1, 0.0, 0.0); Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glVertex3f(0.9, 0.0, 0.0); Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.1, 0.0, 0.0); Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}
Sleep (1);
}
}
dan gambar diatas merupakan hasil outputya
Garis Diagonal.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Untuk membersihkan layar latar belakang.
glPointSize(3.0); Menentukan ukuran titik.
glPushMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glPushMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glBegin(GL_POINTS); Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(0.9,0.9); Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.8,0.0); Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glVertex3f(0.9,0.9); Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.8,0.0); Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glPopMatrix (); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}
Sleep (1);
}
}